Friday, March 17, 2017

Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat 2013

Yeay Finally aku bisa ngeblog lagi setelah sekian lama udah males banget main blog karena lupa password sampai akhirnya aku terpaksa buat blog baru karena aku mau sharing cerita aku lagi. Kali ini aku mau sharing pengalaman pertama aku hiking ke Gunung Gede Pangrango yang terletak didaerah Jawa Barat dan lokasinya deket banget sama Cibodas, gunung tersebut memiliki ketinggian 2.958 mdpl (meter dibawah permukaan laut )  dan Gunung Gede merupakan urutan ke-3 dalam kategori gunung paling tinggi di Jawa Barat setelah Gunung Pangrango ( 3.019 mdpl ) dan Gunung Ceremai yang merupakan urutan pertama dalam kategori gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 mdpl.

Anyway pertama kali aku hiking diajak sama temen aku sekitar Bulan Mei di Tahun 2013, terus aku yang gak punya pengalaman sama sekali dan tanpa cari tau dulu ataupun searching apa aja yang harus dibawa dan dipersiapkan secara matang, aku udah percaya diri aja dan hayuk aja diajak tanpa fikir panjang. Aku prepare sweater dan jaket lumayan banya, pokoknya tas aku udah kayak orang mau mingggat seminggu wkwkwk padahal cuma 3 hari 2 malam rencana perginya, and then begitu aku udah packing semua barang aku dan apa aja yang harus dibawa dari instruksi temen aku, aku langsung berangkat ngumpul dirumahnya temennya temen aku. Begitu sampai disana, aku malah disuruh bongkar packingan aku terus di seleksi gitu ternyata yang harus aku bawa cuma setengahnya dari yang aku packing dirumah, dalam hati berkata bikin capek gue aja bawa berat2 dari rumah yang kepake Cuma setengahnya malah gak sampe. Udah selesai packing dan kumpul semua, akhirnya kita mulai berangkat dengan sepeda motor ( gue fikir naik mobil atau bis gitu ) tapi berhubung gue emang yang lagi pengen banget naik gunung, yaudahlah gue lanjutin perjalanan walaupun ditengah jalan sering kecapean dan ngantuk tidur di motor sampe mau jatoh ngejengkang kebelakang.  Aku start perjalanan sekitar jam 10an dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam. Tiba dilokasi sekitar jam 1 malam dan langsung menitipkan motor di Basecamp dan melakukan SIMAKSI atau semacam pendaftaran serta dikenakan biaya perorangnya sebesar Rp. 60.000 untuk 3 Hari 2 Malam. Pembayaran itu dilakukan kolektif oleh temen aku yang memang sudah pengalaman ke gunung, dia yang mengatur biaya semuanya, biaya itu sudah termasuk makan dan hal apapun kecuali aku mau jajan sendiri. Setelah selesai pendaftaran dan menitipkan motor, kita lanjut melakukan perjalanan ke titik pertama melalui jalur Gunung Putri  dengan menyewa mobil box terbuka. Sesampainya di titik pertama kita istirahat makan dan memeriksa kembali barang bawaan, kemudian kita bersiap – siap untuk memulai perjalanan dan diawali dengan berdoa bersama. Pukul 03.00 Pagi kita mulai mendaki Gunung Gede melalui via Putri, melewati rumah – rumah penduduk serta perkebunan. Suasana yang masih gelap dan hening sedikit membuat aku takut, takut akan ular, hantu atau makhluk lain ( asli takut bukan lebay ). “Habis gelap terbitlah terang” setelah berjalan kurang lebih satu jam, langit mulai terang dan pagi mulai datang, aku dan teman2 tiba di Pos Pendakian Pertama berupa Rumah sebagai simbol yang posisinya ada disebelah kanan kemudian kita  istirahat sebentar dan melanjutkan perjalanan. Trek yang aku laluin dari Pos Pemeriksaan sampai Gapura yang bertuliskan "Taman Nasional Gunung Gede Pangrango" masih biasa aja sih menurut aku haha gaya banget yak gue. But seriously setelah lewatin gapura baru deh tuh treknya lumayan banget buat pemula kaya aku, gak terlalu sulit tapi gak gampang.Setelah melalui beberapa pos dan merasa lelah akhirnya aku dan teman2 aku sampai di Surya Kencana. Surya Kencana merupakan camping ground buat para pendaki terus ada juga yang bilang Surya Kencana merupakan habitat dinosaurus karena areanya yang luas banget dan dikelilingi hutan, ah pokoknya kalo udah di Surken sebutan famousnya mau jungkir balik, mau lari-lari gaku rasa gak akan kuat juga sih.

Setelah istirahat duduk-duduk sebentar kita sama-sama bikin tenda, dan sebagian ada yang masak untuk makan siang, serta ada juga yang cari air untuk minum, kalo aku malah main ke tenda tetangga sebelah nyari makanan haha. Jam 2 siang di Surken rasanya kaya lagi di Jepang suhunya dingin banget padahal waktu itu matahari terang banget, terus aku harus pakai jaket double-double dan itupun masih menggigil haha lebay banget. Bisa jadi karena aku pemula dan baru pertama kali hiking jadi ngerasa dingin banget. Karena cuacanya mendukung untuk hibernasi, aku akhirnya tidur berasa dikamar pakai ac wkwk. Malampun tiba, semuanya berkumpul dan bikin api unggun kecil-kecilan terus ada yang bikin kopi, mie instant, cuma sayang banget gak bakar marshmellow karena gak bawa. Kita saling bercanda tawa, nyanyi bareng-bareng, sampai ngobrolin hal yang gak penting sampai waktu larut. Malam itu langit terang banget sampai bintangnya muncul dan banyak banget, aku sama temen-temen aku tiduran dirumput hanya pakai sleepingbag alias kantung tidur sambil memandangi bintang yang ada dilangit. Saat itu aku ngerasa deket banget sama langit, dan mungkin itu yang dibilang kolong langit. Aku bersyukur banget bisa nikmatin alam semesta buatan Yang Maha Kuasa. Aku bangga banget tinggal di Indonesia, karena kekayaan alamnya berlimpah. Kami tiduran sambil lihat bintang dan cerita-cerita sampai larut dan sampai akhirnya memutuskan untuk masuk ke tenda untuk tidur karena besoknya jam 4 pagi harus udah packing buat summit atau naik ke puncak dan lanjut pulang.
     Tepat waktu subuh sekitar jam 4.30 aku dibangunin untuk prepare summit dan pulang, aku langsung packing baju dan peralatan aku kedalam tas. Kira-kira semua udah siap, kita berkumpul dan berdoa sebelum berangkat summit dan kembali pulang. Jarak dari Surken menuju puncak Gunung Gede aku gak tau pastinya berapa mdpl, pokoknya aku jalan kurang lebih satu jam setengah dan finally tiba di puncak Gunung Gede. For the first time aku bisa sampai puncak gunung, aku nangis sih terharu dan gatau kenapa juga aku bisa nangis. Mungkin itu rasa syukur yang ada didalam hati aku, aku gak percaya awalnya aku akan sampai puncak. Di atas puncak aku ngerasa kecil banget dan gak ada apa-apanya, disitu aku sadar Tuhan Maha Besar. Tanpa ijinNya aku mungkin gak akan bisa pijakin kaki aku di Puncak Gunung Gede, aku bersyukur banget. Setelah semuanya sampai di puncak, kita foto bersama dan istirahat sebentar untuk makan.

Gunung Gede merupakan gunung yang masih aktif, bau belerangnyapun terkadang masih tercium jika cuaca buruk. Hari mulai siang dan kami semua harus melanjutkan perjalanan untuk turun dan kembali pulang. Trekking turun menurut aku gak terlalu berat dan waktunya lebih cepat, namun tetep ada trek yang sulit yaitu tanjakkan setan tapi kalau aku bilang lebih tepatnya tanjakkan spiderman karena kita harus turun menggunakan tali. Sebenernya sedikit serem juga sih kalau gak kuat-kuat pegang talinya kita bisa jatuh kebawah, dan dibawah banyak batu besar. Beberapa jam melalui perjalan, sampailah kami di pos yang letaknya bersebelahan dengan air terjun yang airnya panas dan biasa digunakan untuk berendam dan merilekskan tubuh serta kaki yang pegal-pegal karena lamanya berjalan, kami semua singgah dan berendam hingga sore tiba dan harus bersiap lagi turun sebelum matahari terbenam. Belum puas mampir ke pemandian air panas yang ada diatas, aku mengajak temanku untuk mampir sebentar ke air terjun Cibireum yang cukup terkenal, aku hanya foto sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan pulang bersama temanku.

And finally kami semua tiba di titik terakhir yaitu pos pemeriksaan turun gunung, ternyata sehabis turun gunung kita harus lapor jumlah anggota yang naik dan itu harus sama dengan laporan pada saat kita ingin naik. Hmmm sehabis itu kami melanjutkan perjalanan menuju basecamp dan istirahat serta kembali pulang. Banyak banget pelajaran yang aku dapet untuk pertama kali aku hiking.